0
SAFARI KEBERSIHAN MASJID/MUSHOLA
            Kota Demak merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Suasana religiusitas di kota ini juga sangat terasa, mulai dari bangunan masjid /mushola yang megah dan tersebar di segala penjuru termasuk ke desa-desa serta  rutinitas masyarakatnya yang mencerminkan kegiatan-kegiatan keislaman. Tak salah jika kota ini dijuluki sebagai “Kota Wali” yang memiliki tingkat religiusitas tinggi.
            Dengan adanya persebaran masjid dan mushola yang banyak termasuk di Desa Prigi membuat tim KKN UNS Desa Prigi memiliki keinginan untuk mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan masjid dan mushola itu. Di desa Prigi terdapat 2 masjid dan 8 mushola yang tersebar di 3 dusun yang berbeda yaitu dusun Nglenjet, Prigi dan Ngaluran. Melihat dari banyaknya masjid dan mushola yang ada, maka tim KKN UNS memilih untuk melakukan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan bagi para jama’ah saat beribadah agar masjid/mushola lebih ramai dikunjungi. Kegiatan tersebut bernama safari kebersihan masjid/mushola. 
            Kegiatan ini berlangsung rutin setiap hari selasa dan jum’at selama periode KKN yang berlangsung  sejak 14 Juli-29 Agustus 2016. Secara bergiliran masjid dan mushola dibersihkan oleh tim KKN UNS yang dibantu oleh beberapa warga sekitar. Setiap selesai membersihkan masjid/mushola akan ditempeli stiker yang telah disiapkan sebagai tanda bahwa masjid/mushola tersebut telah dibersihkan oleh tim KKN UNS bersama warga. Ada 5 jenis stiker yang ditempelkan yaitu do’a masuk masjid, do’a keluar masjid, anjuran untuk mematikan HP saat beribadah, anjuran hemat air dan anjuran untuk merapatkan shaff sholat.
             Dengan adanya kegiatan ini diharapkan tercipta kenyamanan bagi setiap jama’ah dalam beribadah dan sebagai sarana menyambung tali silaturahim antara tim KKN UNS dengan warga sekitar masjid/mushola. Selain itu, diharapkan bagi semua warga Desa Prigi untuk berbondong-bondong datang ke masjid/mushola terdekat saat beribadah maupun menyemarakkan kegiatan-kegiatan rutin di masjid/mushola tersebut. 

Posting Komentar

 
Top