0


OUTBOUND CERIA KKN UNS BERSAMA ANAK PRIGI

Di desa Prigi terdapat dua sekolah dasar. Setiap sekolah dasar mempunyai jumlah murid yang cukup banyak. Kebanyakan dari siswa tersebut memiliki hobi bermain seperti bermain sepak bola, menggambar, mewarnai bersama. Maka dari itu, untuk lebih menghibur mereka dan sekaligus memberikan wawasan ilmu, tim KKN UNS mengadakan Outbond Ceria yang diadakan hari minggu tanggal 21 Agustus 2016. Peserta dari outbond ceria tersebut yaitu murid SDN 01 PRIGI dan SDN 02 PRIGI. 
 
Pelaksanaan dari Outbond Ceria ini yaitu pukul 8 pagi. Antusitas anak-anak terlihat pada kegiatan tersebut. Sebelum dimulainya acara outbond, anak-anak diajak untuk berbaris dan mencoba untuk membaur dengan temannya yang bersekolah di sekolah lain. Setelah mereka cukup mengenal teman kelompoknya, kami mahasiswa KKN UNS memulai  kegiatan outbond tersebut. Permainan pertama yang dilakukan yaitu jerat tali dan memasukkan pensil dalam botol. Dalam kegiatan jerat tali, anak-anak diminta berkonsentrasi dalam melepaskan jerat tali rafianya. Perkelompok butuh sekitar 5-10 menit untuk melepaskan jerat talinya. Anak-anak terlihat antusias saat mengikuti permainan jerat talinya. Dalam waktu yang bersamaan, kelompok lain juga mengikuti outbond memasukkan pensil dalam botol. Setelah dua kegiatan tersebut terlaksana, dilanjut dengan permainan  titian. Permainan ini membelajarkan kepada anak-anak mengenai konsentrasi dan kekompakan. Lalu permainan terkahir yaitu memasukkan air dalam gayung dengan gelas aqua yang berlubang di bawah. 
Permainan jerat tali

Permainan memasukan pensil ke dalam botol

Permainan jembatan titian

Permainan memindahkan air



Setelah semua permainan outbond selesai, tim KKN UNS berdiskusi mengenai kelompok yang menjadi juara. Pada kegiatan outbond ini, dipilih juara 1, 2, dan 3. Penetapan juara diambil dari segi kekompakan, paling banyak yang mendapat juara 1 per lomba, dan yell-yell. Tampak kesenangan di raut wajah anak-anak setelah mendapatkan hadiah juara. Untuk kelompok yang belum mendapatkan hadiah, diberikan makanan ringan untuk mereka sebagai ucapan terima kasih karena sudah mengikuti outbond.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan tercipta rasa kerjasama antar teman dalam hal yang baik. Selain itu kegiatan outbond ini juga diharapkan dapat menciptakan keakraban antar teman.

Posting Komentar

 
Top