0


KEBUN SAYUR
          Desa prigi merupakan salah satu desa di kecamatan Kebonagung yang tiap penduduknya memiliki pekarangan rumah yang cukup luas. Namun dari hasil survey Tim KKN UNS, sebagian besar pekarangan rumah belum dimanfaaftkan secara optimal, seperti perkebunan rumah. Maka dari itu kami dari tim KKN UNS ingin mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk mengoptimalkan pekarangan rumah.
        
  Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa tanggal 16 Agustus 2016 yang bekerja sama dengan ibu-ibu PKK desa Prigi.  Bentuk kegiatan ini berupa penyuluhan yang disampaikan oleh perwakilan dari Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Kebonagung. Lalu dilanjutkan dengan penanaman bersama di salah satu pekarangan yang dipakai sebagai percontohan. Tunas yang ditanam antara lain cabai, tomat, terong, sawi, dan bayam. Media tanam yang digunakan yaitu botol aqua bekas, polybag, tanah, dan pupuk kandang. 

          Dengan adanya program ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi ibu-ibu rumah tangga yang memiliki pekarangan kosong untuk mengoptimalkannya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Ketika sayur yang ditanam sudah dapat dipanen, maka ibu-ibu tidak perlu berbelanja ke pasar membeli sayuran, cukup dengan mengambil dari pekarangan. Tentu hal tersebut lebih memudahkan ibu-ibu untuk memenuhi kebutuhan sayuran setiap hari. 


Posting Komentar

 
Top